Program Toilet Sekolah Bersih Ciptakan Generasi Sehat, Cerdas, dan Produktif

Kamis, 08 Agustus 2024 - 14:41 WIB
loading...
Program Toilet Sekolah...
Ki-ka: Christian Panggabean, Cashtry Meher, dan Yohana Elizabeth Hardjadinata saat pembukaan roadshow Pendidikan Karakter dalam Toilet Bersih di SDN 10 Pondok Pinang, Jakarta Selatan, belum lama ini. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Anak-anak usia SD berada dalam fase pertumbuhan yang cepat dan perkembangan kognitif yang signifikan. Pada tahap ini, mereka sangat rentan terhadap berbagai masalah kesehatan seperti malnutrisi, penyakit menular, gangguan penglihatan, dan kesehatan mental. Untuk itu, penting memberikan perhatian penuh pada masa ini, tidak hanya di lingkungan rumah tapi juga sekolah.

Pada lingkungan sekolah, selain tenaga pendidik, waktu belajar, dan metode belajar, satu hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah toilet sekolah. Sebab, toilet yang bersih di sekolah adalah salah satu elemen penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat demi mendukung kesejahteraan anak-anak. Toilet yang tidak terjaga kebersihannya dapat menjadi sumber berbagai masalah kesehatan dan sosial yang serius.

Untuk itu, Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia menyelenggarakan roadshow Pendidikan Karakter dalam Toilet Bersih.

“Penting mengintegrasikan pendidikan karakter yang kuat dan berkomitmen terhadap kebersihan lingkungan, termasuk toilet sekolah. Dengan demikian, kita dapat menciptakan generasi yang lebih sehat, bertanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan," kata Ketua Umum Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia Cashtry Meher dalam pembukaan roadshow Pendidikan Karakter dalam Toilet Bersih di halaman sekolah SDN 10 Pondok Pinang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

"Kebersihan toilet sekolah bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan, tetapi merupakan tanggung jawab bersama yang mencerminkan kualitas karakter dan kesehatan seluruh komunitas sekolah," lanjutnya.

Senyum Sehat Senyum Pintar adalah tagline pada program ini. Gerakan toilet bersih merupakan salah satu program dari Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia. Untuk pelaksanaan program ini, pihak yayasan menggandeng Yayasan Cahaya Peduli Semesta, Yayasan Bentang Merah Putih, dan PT Surya Pertiwi yang memproduksi TOTO.

Pada kesempatan ini, PT Surya Pertiwi menyerahkan seperangkat perlengakapan toilet TOTO untuk SDN 05 Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan roadshow Senyum Sehat Senyum Pintar, siswa SDN 05 dan 10 Pondok Pinang, khususnya kelas 4, mendapat pembekalan yang dikemas menarik. Materi yang disampaikan membahas tentang kebersihan pribadi yang berdampak pada kebersihan umum, nilai-nilai kepemimpinan dalam berkelompok, nilai tanggung jawab, kepercayaan diri, serta praktik kerja kelompok yang langsung dilakukan oleh para siswa dalam sebuah permainan saat membersihkan lingkungan sekolah, khususnya toilet.

Pada kesempatan ini siswa diberi tantangan untuk melakukan kegiatan yang terkait dengan materi yang diberikan. Para guru menjadi observer, bagaimana siswa dapat berkomunikasi dan bekerja berkelompok dengan baik. Siswa diminta memberikan cerita saat praktik ini dilakukan.

Sesi ini ditutup oleh Christian Panggabean dengan memberikan pembekalan dalam seni bicara (public speaking). Melalui materi ini siswa diharapkan mampu memberikan paparan presentasi secara tepat, persuasif, dan menyenangkan.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)